Selasa, 20 November 2012

Sistem informasi manufaktur


Gudang Garam :
1.Bagian control bahan baku : bagian ini bertugas untuk pengadaan bahan baku seperti penyuplaian bahan baku bila bahan baku kurang.
2. Bagian Pembuatan saos : bagian ini bertugas untuk meracik adonan yang akan dipergunakan untuk perasa khas dalam tiap-tiap industri rokok.
3. Bagian manufaktur: bagian ini bertugas untuk mengkontrol segi standard kualitas dalam tiap-tiap produksi
4. Bagian Pemeliharaan: bagian ini bertugas untuk memelihara mesin dan peralatan yang dipergunakan dalam proses produksi agar menciptakan produk yang sesuai dengan standard kualitas perusahaan

Perusahaan ini belum memerinci secara lebih kompleks sistem informasi manufaktur miliknya. Meskipun demikian sistem ini memiliki standard yang dapat diaplikasikan untuk mengkontrol kualitas produk Gudang Garam sehingga dapat bersaing dengan industri rokok lainnya.

Sampoerna :

Sistem manufactur Sampoerna terdiri atas bahan baku, produksi, dan engineering.
1. Bahan Baku 
Bagian ini bertugas menyediakan dan mengontrol bahan baku yang akan diproses sehingga menghasilkan produk yang diinginkan.
2. Pencampuran 
Bagian ini bertugas mengontrol atas produk yang sedang diracik sampai produk tersebut selesai
3. Produksi 
Bagian ini bertugas :
a) Mengecek ulang Process Sheet apakah sudah selesai atau tidak dan menghindar kejanggalan.
b) Memperbaiki jadwal kerja harian berdasarkan laporan hasil proses yang masuk.
c) Membuat laporan Finished Product lengkap dengan keterangannya dan mendistribusikan kepada Delivery Departement untuk dibuatkan List Finished produknya.
d) Mendata ulang setiap proses yang sudah selesai supaya dapat terdeteksi mengenai proses produksi yang sudah selesai.
4. Engineering 
Bagian ini bertugas memeriksa setiap saat pada waktu-waktu tertentu terhadap mesin-mesin proses pengolahan sehingga dapat mengetahui adanya kejanggalan mesin bekerja.

Pada sistem manufactur perusahaan ini lebih dirinci dan standard pengecekan kontrol kualitasnya lebih baik. Faktor yang mungkin menyebabkan hal ini adalah kepemilikan asing dan campur tangan budaya asing yang lebih maju terhadap perusahaan ini.

Bila dibandingkan maka PT Sampoerna lebih memiliki kualitas kontrol yang lebih baik, hal ini bukan berarti PT.Gudang Garam tidak dapat berkembang dan memaksimalkan kontrol kualitas agar dapat menerapkan standarisasi agar dapat lebih berkembang.



Minggu, 18 November 2012

Sistem informasi


Kedua perusahaan baik PT.Gudang Garam maupun PT.Sampoerna memiliki keidentikan dalam penggunaan  sistem informasi hal ini disebabkan karena kedua perusahaan memiliki bidang kerja yang sama yaitu industri rokok. Adapun  penggunaan sistem informasinya adalah sebagai berikut :

Lingkungan User
Lingkungan user yang ada yaitu Produsen, Distributor , dan Konsumen
Input
1.  Konsumen
Input yang berisi tentang data permintaan yang diinginkan pelanggan, data ini berisi tentang data barang yang diinginkan konsumen
2. Pengelola
juga merupakan bagian daripada input/masukan yang terdapat di dalam sistem informasi ini. Disini yang dimaksudkan bahwa admin sebagai input adalah mengenai data-data dari admin yang bertugas pada saat itu misalnya nama dari admin itu sendiri.
3. Produk
juga merupakan bagian daripada input/masukan yang terdapat di dalam sistem informasi ini. Adapaun maksud dari produk itu sebagi input disini yaitu mengenai data-data dari produk itu sendiri seperti harga, jumlah dan nama/jenis produk.
Output
Adapun output yang terdapat pada sistem informasi ini antara lain :
1. Bukti Transaksi
Bukti transaksi ini merupakan catatan yang berisi tentang informasi yang berhubungan dengan transaksi itu sendiri. Pada sistem informasi ini bukti transaksinya mencakup bukti transaksi pembelian produk dan penjualan produk.
2. Laporan Keuangan
Laporan keuangan ini merupakan bagian dari pelaporan proses keuangan, laporan keuangan ini berisi informasi keuangan dalam periode tertentu. Di dalam sistem informasi ini, laporan keuangannya mencakup laporan penjualan, pembelian dan laba rugi.
3. Informasi Produk
Informasi produk ini berisi informasi mengenai produk-produk yang dijual. Pada system informasi ini informasi produknya mencakup nama produk, harga produk, jumlah produk tersedia dan ukuran produk itu sendiri.
Data
Adapun data yang terdapat pada sistem informasi ini antara lain :
1.      Data Pelanggan
Berisikan data-data mengenai pelanggan-pelanggan yang melakukan transaksi di dalam sistem informasi ini.
2.      Data Admin
Berisikan data daripada admin-admin yang bertugas di toko itu sendiri.
3.      Data Produk Berisikan data-data mengenai produk itu sendiri, mulai dari nama/jenis produk sampai dengan ketersediaan barang tersebut.
4.      Data Transaksi Berisikan data-data transaksi, baik itu penjualan ataupun pembelian.
5.      Data Keuangan Berisikan data-data mengenai hasil yang didapat dari transaksi-transaksi yang terjadi.
6.     Data Supplier Berisikan data-data mengenai penyedia atau penyuplai produk-produk ke toko

Melihat penggunaan sistem informasi seperti ini terlihat bahwa kedua perusahaan mengoptimalkan pemasaran terhadap produknya serta memberikan perhatian terhadap para pelanggannya, hal ini tercermin dalam kolom data. Perusahaan memiliki berbagai data yang dibutuhkan untuk menilai kualitas pelanggannya serta untuk mengoptimalkan pelayanan