Minggu, 18 November 2012

Sistem informasi


Kedua perusahaan baik PT.Gudang Garam maupun PT.Sampoerna memiliki keidentikan dalam penggunaan  sistem informasi hal ini disebabkan karena kedua perusahaan memiliki bidang kerja yang sama yaitu industri rokok. Adapun  penggunaan sistem informasinya adalah sebagai berikut :

Lingkungan User
Lingkungan user yang ada yaitu Produsen, Distributor , dan Konsumen
Input
1.  Konsumen
Input yang berisi tentang data permintaan yang diinginkan pelanggan, data ini berisi tentang data barang yang diinginkan konsumen
2. Pengelola
juga merupakan bagian daripada input/masukan yang terdapat di dalam sistem informasi ini. Disini yang dimaksudkan bahwa admin sebagai input adalah mengenai data-data dari admin yang bertugas pada saat itu misalnya nama dari admin itu sendiri.
3. Produk
juga merupakan bagian daripada input/masukan yang terdapat di dalam sistem informasi ini. Adapaun maksud dari produk itu sebagi input disini yaitu mengenai data-data dari produk itu sendiri seperti harga, jumlah dan nama/jenis produk.
Output
Adapun output yang terdapat pada sistem informasi ini antara lain :
1. Bukti Transaksi
Bukti transaksi ini merupakan catatan yang berisi tentang informasi yang berhubungan dengan transaksi itu sendiri. Pada sistem informasi ini bukti transaksinya mencakup bukti transaksi pembelian produk dan penjualan produk.
2. Laporan Keuangan
Laporan keuangan ini merupakan bagian dari pelaporan proses keuangan, laporan keuangan ini berisi informasi keuangan dalam periode tertentu. Di dalam sistem informasi ini, laporan keuangannya mencakup laporan penjualan, pembelian dan laba rugi.
3. Informasi Produk
Informasi produk ini berisi informasi mengenai produk-produk yang dijual. Pada system informasi ini informasi produknya mencakup nama produk, harga produk, jumlah produk tersedia dan ukuran produk itu sendiri.
Data
Adapun data yang terdapat pada sistem informasi ini antara lain :
1.      Data Pelanggan
Berisikan data-data mengenai pelanggan-pelanggan yang melakukan transaksi di dalam sistem informasi ini.
2.      Data Admin
Berisikan data daripada admin-admin yang bertugas di toko itu sendiri.
3.      Data Produk Berisikan data-data mengenai produk itu sendiri, mulai dari nama/jenis produk sampai dengan ketersediaan barang tersebut.
4.      Data Transaksi Berisikan data-data transaksi, baik itu penjualan ataupun pembelian.
5.      Data Keuangan Berisikan data-data mengenai hasil yang didapat dari transaksi-transaksi yang terjadi.
6.     Data Supplier Berisikan data-data mengenai penyedia atau penyuplai produk-produk ke toko

Melihat penggunaan sistem informasi seperti ini terlihat bahwa kedua perusahaan mengoptimalkan pemasaran terhadap produknya serta memberikan perhatian terhadap para pelanggannya, hal ini tercermin dalam kolom data. Perusahaan memiliki berbagai data yang dibutuhkan untuk menilai kualitas pelanggannya serta untuk mengoptimalkan pelayanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar