Unilever
|
Indofood
|
Dalam PT Unilever Indonesia, promosi yang
dilakukan paling banyak melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan
sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya lewat
media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak, sponsorship,
mengadakan event-event yang memasukkan produk-produk dari PT. Unilever
seperti Kecap Bango, Pepsodent, Shampo Pantene, dll. Karena jika promosi yang
dilakukan hanya melalui media elektronik maka PT. Unilever Indonesia tidak
mendapatkan keuntungan yang optimal. Masyarakat di Indonesia terdiri dari
berbagai kalangan dan tingkatan sosial yang beragam. Jika perusahaan tidak
bisa menyentuh hati masyarakat semua kalangan maka perusahaan tidak dapat
berkembang pesat. Makna dari iklan yang ditawarkan oleh perusahaan juga harus
bisa dipahami oleh berbagai kalangan, karena iklan adalah salah satu cara
promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan
yang optimal.
|
Visi Indofood Sukses Makmur, Tbk. Adalah
menciptakan pilihan menjadi penyedia utama makanan dan consumer products
bermerek terkemuka bagi jutaan consumen di Indonesia dan juga diberbagai
penjuru dunia. PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Mempunyai 63 perusahaan
termasuk anak cabangnya dengan jaringan distribusinya meliputi lebih dari 350
depot dengan jumlah karyawan tetap sampai dengan 31 Desember 2006 sebanyak
49.367 karyawan tetap dan 1200 kendaraan operasional yang kegiatan pemasaran
memegang peranan sangat penting dalam menjual produknya kepada masyarakat
dengan cara :
(1) penjualan langsung, yaitu dilakukan dengan
menggunakan armada penjualan
sendiri yang beroprsi di DKI Jakarta, Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi,
(2) penjualan tidak langsung, meliputi wilayah
pemasaran di seluruh Indonesia. Dilakukan lewat distributor lalu pengecer dan
grosir baru ke konsumen akhir, dan
(3) lewat
promosi, melalui media cetak maupun elektronik.
|
Kesimpulan : Berdasarkan uraian
di atas maka dapat dilihat dan disimpulkan bahwa kedua perusahaan menekankan pemasarannya
lebih kepada media elektronik serupa televisi. Hal ini tentu merupakan cara
pemasaran yang paling efektif mengingat sistem pemasaran semacam ini dapat
menjangkau seluruh wilayah secara luas dan efektif. Perbedaannya hanya Unilever
tidak berfokus seperti Indofood yang hanya bergerak di bidang makanan saja
sehingga hal ini tidak menimbulkan persaingan yang sangat kompetitif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar